Wednesday, April 26, 2017

Waktu lovebird bertelur sampai menetas

Abdullah Ahmad

Waktu lovebird dari bertelur sampai dengan menetas kurang lebih 30 hari. Setelah lovebird kawin, satu minggu kemudian lovebird akan bertelur. Lovebird tidak bisa bertelur setiap hari, tapi pada umumnya lovebird akan bertelur dua hari sekali. Selama seminggu atau lebih lovebird akan bertelur. Rata-rata telur lovebird sekitar 4 sampai 5 butir. Terkadang ada yang 2 butir saja bahkan ada yang sampai 6 butir menetas semua.
Waktu lovebird bertelur sampai menetas
piyik lovebird umur 5 hari

Ketika lovebird mengerami telurnya, telur akan menetas pada hari ke 21. Ada yang unik dari lovebird. Telurnya ada yang tidak menetas pada hari yang sama. Misalnya hari ini menetas dua telur, besok ada yang menetas lagi bahkan ada yang tiga hari kemudian ada yang baru menetas. Jadi kurang lebih masa mengerami lovebird kira-kira 21 hari sampai 26 hari. Jika ada telur yang belum menetas bisa dipastikan embrionya telah mati atau kering. Jika Anda ingin mengambil telurnya, lebih aman pada hari ke 30 setelah dierami, takutnya kemungkinan masih ada yang bisa menetas lagi.
ciri-ciri lovebird menetas
Setelah ada telur yang menetas biasanya indukan betina akan keluar dari glodok. Bahkan sering keluar untuk makan. Makanan tersebut untuk meloloh anaknya. Pada saat meloloh, indukan jantan maupun betina akan lebih banyak makan dari hari biasanya. Setiap hari kita harus menyediakan jagung muda. Sifatnya jagung muda ini kalau dua hari sudah basi atau dikerubungi oleh lalat buah yang bisa menganggu kesehatan piyik lovebird. indukan juga lebih agresif karena melindungi anaknya karena takut diambil. Jika Anda ingin meloloh anaknya, sebaiknya diambil minimal umurnya sudah dua minggu. Pada umur 2 minggu, anakan sudah kuat untuk diloloh oleh kita. Artinya tingkat kematian semakin kecil. Kalau Anda sudah mahir, mungkin saja bisa meloloh anakan lovebird pada umur satu minggu.

0 comments:

Post a Comment