Tuesday, July 25, 2017

Cara menghasilkan lovebird blorok

Abdullah Ahmad

Saat ini mencetak lovebird blorok terbilang mudah. Kalau kita memiliki indukan lovebird blorok maka anakan yang keluar blorok juga walaupun salah satu indukannya bukan dari jenis blorok. Untuk menghasilkan anakan blorok yang lebih dominan maka indukan jantan maupun betina harus sama-sama borok.
Jenis-jenis lovebird blorok
Ada berbagai macam lovebird blorok yang sudah dicetak oleh orang Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :
1. lovebird blorok hijau yang sering disebut dengan Green Series dan sering disingkat dengan GS. Ciri-ciri lovebird blorok hijau ini ada yang warna dadanya kuning kemudian bulu sayapnya kuning dengan campuran hijau. Untuk harga lovebird green series sekitar 750.000 – 1.000.000 dipasaran. Hal ini tergantung motifnya. Semakin kuat motif bloroknya maka akan semakin mahal.
Cara menghasilkan lovebird blorok
jenis lovebird green series (depan)
2. Lovebird blorok biru yang disebut dengan Blue Series disingkat dengan BS. Cirinya hampir sama dengan lovebird blorok hijau, yang membedakan adalah warnanya. Blorok biru memiliki warna dominan putih kemudian ada warna birunya. Warna dadanya kebanyakan warna putih dan sayapnya putih campur dengan biru. Harga lovebird blue series ini sekitar 1,5 juta sampai dengan 2 juta dipasaran.

Cara menghasilkan lovebird blorok biru
lovebird blorok biru
3. Lovebird blorok hitam disebut juga dengan Black Series (BS). Lovebird ini pada umumnya sama dengan lovebird batman namun yang membedakan adalah warna sayapnya yang campur dengan warna putih seperti trotolan putih dan hitam. Black series ini masih jarang ditemukan sehingga harganya pun terbilang paling mahal yakni sekitar 2 juta sampai dengan 2,5 juta.

Cara menghasilkan lovebird blorok
Misalnya saya memiliki sepasang lovebird blorok hijau dengan modal 2 juta. Setelah dipelihara keluar 3 ekor anakan jenis blorok. Kalau dijual setelah umur 2 atau 3 bulanan bisa dihargai masing-masing 750 ribu. Kalau dijual semuanya bisa laku 2,25 juta. Dari hasil perhitungan ini memang ternak lovebird selalu untung kalau bisa produksi dan anakannya bisa hidup. Untuk produksi selanjutnya kita tinggal memetik untuk yang lebih banyak lagi.
Untuk mencetak lovebird jenis blorok bisa dihasilkan dari salah satu indukannya. Misalnya lovebird blorok biru jantan dikawinkan dengan lovebird biru mangsi yang betina. Maka kemungkinan anaknya bisa keluar lovebird blorok dan biru mangsi. Tapi dalam hal beternak lovebird anakan yang keluar bisa menjadi warna lain. Tapi lebih dominan akan cenderung mengikuti warna indukannya.

0 comments:

Post a Comment