Monday, July 31, 2017

Cara merawat anakan lovebird yang baru menetas sampai bisa makan sendiri

Abdullah Ahmad

Meloloh anakan lovebird yang baru menetas menurut saya termasuk hal yang ekstrem. Pada waktu umur sehari atau baru menetas, anakan lovebird rentan mati kalau kita yang merawatnya. Akan tetapi bagi peternak lovebird yang sudah biasa dalam merawat anakan lovebird ini bisa hidup. Seperti teman saya seorang ibu rumah tangga yang bisa meloloh anakan dari mulai menetas sampai bisa makan sendiri. Kunci dari perawatan ini adalah ketekunan atau ketelatenan dalam melolohnya.
Cara merawat anakan lovebird yang baru menetas sampai bisa makan sendiri
anakan yang baru menetas
Kebanyakan anakan lovebird yang baru menetas ini telurnya ditetaskan dengan alat mesin penetas telur atau inkubator. Alat inkubator ini lebih efektif daripada indukan yang mengerami. Kalau ditetaskan dengan mesin penetas telur lovebird bisa menetas semua kecuali telur yang fertil atau tidak dibuahi. Cara memulai memasukan telur ke dalam mesin penetas adalah pada waktu telur lovebird telah dierami selama seminggu barulah telur tersebut diambil dari sarang kemudian ditetaskan dengan mesin penetas. Tujuan penetasan dengan alat ini agar indukan lovebird lebih cepat produksi. Jadi setiap bulan indukan lovebird bisa produksi terus.

Cara merawat anakan lovebird yang baru menetas
Ketika anakan baru menetas, tunggu kurang lebih dua jam baru diloloh oleh kita. Pakan yang digunakan adalah pakan khusus lolohan lovebird. Kalau dahulu masih ada merek pakan lolohan Nutri Bird A21 meloloh anakan yang baru lahir sampai besar bisa bertahan hidup. Anda bisa menggunakan pakan lolohan khusus lovebird yang sangat halus. Pakan lolohan dibuat bubur yang encer karena ini untuk anakan yang baru lahir.
Cara menyuapinya bisa dengan botol bekas cuka yang ujungnya dibuat runcing. Kemudian sedikit-demi sedikit disuapkan pada anakan lovebird. Ketika meloloh dilihat pada temboloknya. Kalau sudah cukup besar jangan diberi lagi walaupun piyikan lovebird masih merengek untuk disuapi. Apalagi bagi piyik yang baru menetas pemberian pakan sangat sedikit saja.
Pemberian lolohan bagi piyik yang baru menetas sampai umur dua minggu bisa dilakukan setiap TIGA JAM SEKALI. Nah kalau ini membutuhkan ketelatenan kita dalam merawatnya. Jadi setiap tiga jam sekali contohnya jam 6 pagi, jam 9 pagi, jam 12 siang, jam 3 sore, jam 6 malam, jam 9 malam. Kalau sudah jam 9 malam bisa dilompat ke jam 2 pagi kemudian beralih ke jam 6 pagi. Jadi dalam melolohnya sampai malam juga.
Setelah anakan berumur semiunggu ke atas sampai dengan umur 1 bulan, anakan diloloh setiap 4 jam sekali. Setelah umur di atas satu bulan sampai dengan bisa makan sendiri anakan diloloh setiap 5 jam sekali. Dalam melolohnya cukup sampai jam 9 malam saja karena lovebird yang umurnya satu bulanan tidak makan lagi sampai malam hari.

Pada umur satu mingguan sampai bisa makan sendiri Anda bisa menggunakan ALAT SPET untuk melolohnya. Anda bisa membeli alat spet tersebut secara online atau di toko burung terdekat dengan harga Rp40.000 sampai Rp150.000 tergantung mereknya. Tapi kalau mau buat sendiri malahan lebih murah. Tinggal beli alat suntikan di apotik kemudian dipasang dengan alat karet pengisi udara pada ban sepeda.

0 comments:

Post a Comment