Friday, July 21, 2017

Ciri-ciri lovebird jantan over birahi dan cara mengatasinya

Berikut ini akan saya sampaikan ciri-ciri lovebird jantan yang sedang over birahi dan bagaimana cara menstabilkan birahi lovebird jantan agar bisa ngekek panjang seperti biasanya.
Lovebird yang umurnya memasuki 8 bulan sudah mulai birahi. Pada puncaknya seekor lovebird akan mengalami birahi pada umur 10 bulan hingga 12 bulan. Kalau tidak segera dijodohkan maka lovebird jantan akan mengawini tangkringannya atau sering disebut dengan GESTANG (gesek tangkringan) di kalangan Lovebird Mania.
Ciri-ciri lovebird jantan over birahi dan cara mengatasinya
lovebird jantan sedang gesek tangkringan
Lovebird jantan yang sudah sering menjuarai perlombaan kalau sedang birahi akan berdampak buruk bagi pemiliknya. Pasalnya lovebird jantan yang sedang over birahi mengakibatkan lovebird tersebut tidak bisa ngekek panjang dan memiliki perilaku “ngeruji” sehingga kalau dilombakan akan mengurangi nilai atau point.
Mungkin Anda sering mendengar kalau lovebird betina banyak yang menjuarai perlombaan atau paling banyak diikutkan lomba. Mengapa demikian? Karena lovebird betina mudah distabilkan birahinya. Kemudian kalau birahi lebih cepat dan lebih mudah ditangani dibandingkan dengan lovebird jantan.

Ciri-ciri lovebird jantan over birahi sebagai berikut :
1. Lovebird jantan yang sudah over birahi banget akan mengawini tangkringannya atau gestang. Anda akan melihat lovebird Anda akan mengawini tangkringannya beberapa saat kemudian akan melakukannya lagi.
2. Lovebird jantan yang biasanya ngekek panjang dan sering berbunyi akan terlihat jarang ngekek dan jarang berbunyi. Dari tingkah lakunya akan terlihat giras tapi jarang bunyi. Kalaupun bunyi tapi tidak ngekek panjang seperti biasa. Nah kalau sudah seperti itu nanti jangan diikutkan lomba yah. Jadi harus diturunkan birahinya terlebih dahulu.
3. Lovebird akan terlihat cabut bulu pada sekitar bulu dada dan bulu lehernya. Kalau sudah seperti itu Anda bisa mencarikan jodohnya atau diturunkan birahinya dengan sering dimandikan.
4. Lovebird akan sering terlihat ngeruji dan ingin keluar. Hal ini akan mudah terlihat kalau di dekat kandangnya ada lovebird betina, maka lovebird jantan akan terlihat terbang kesana kemari ingin keluar.
Cara menstabilkan lovebird yang sedang ovebir birahi :
1. Pada pagi hari sekitar jam 7 lovebir dimandikan sampai basah kuyup kemudian dijemur. Setelah itu diletakkan di tempat biasanya.
2. Pada waktu sore hari jam 5 atau malamnya sekitar jam 8 lovebird dimandikan dengan cara pengembunan. Jadi tidak sampai basah kuyup.
3. Jangan berikan pakan yang dapat meningkatkan birahi lovebird seperti kenari sed, jagung muda, daun kangkung, dan tauge. Cukup diberikan milet putih saja dan selingan jagung seminggu sekali sudah cukup.

0 comments:

Post a Comment