Thursday, July 27, 2017

Ciri-ciri lovebird menetaskan telurnya

Abdullah Ahmad

Untuk melihat ciri-ciri lovebird yang menetaskan telurnya terlihat dari tingkah lakunya. Kalau lovebird yang saya miliki, indukan lovebird betina yang tadinya jarang terlihat di luar glodok sekarang suka keluar glodok dan mengambil makanannya kemudian masuk lagi ke dalam sarang (glodok). Kemudian lovebird jantan yang tadinya berjaga di atas glodok sekarang juga sering keluar masuk ke dalam glodok. Ciri yang lain terkadang indukan betina terlihat mandi.
Ciri-ciri lovebird menetaskan telurnya
telur lovebird dari indukan parblue menetas
Jika Anda melihat burung lovebirdnya yang tadinya mengerami melihat tingkah laku di atas, coba cek kondisi di dalam glodok. Bisa dipastikan telur lovebird yang telah dierami itu menetas. Kalau sudah menetas segera beri pakan yang cukup.

Pakan yang saya berikan untuk indukan lovebird yang sedang meloloh anakan adalah jagung muda, milet putih, dan kenari sed. Untuk jagung muda setiap dua hari sekali harus diganti. Tapi lebih baiknya setiap hari diberikan secukupnya kemudian sisanya dimasukka ke dalam kulkas. Sisanya lagi untuk besok hari. Kenari sed porsinya lebih banyak dibandingkan dengan milet putih. Saya buat perbandingan 2 banding 1 untuk kenari sed dan milet putih.
Kapan anakan diambil dari glodok?
Bagi pemula, mengambil anakan dari glodok saya sarankan minimal umur 2 minggu karena mata lovebird sudah bisa membuka dan ukurannya sudah besar juga. Atau Anda bisa mengambil anakan pada umur 3 minggu atau bahkan sebulan. Kalau anakan yang diloloh oleh kita (secara hand feeding) membuat lovebird jinak. Kalau sudah dewasa tidak takut ketika di dekati orang.
Saya pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan karena anak lovebird saya mati dimakan semut. Untuk itu perlu diperhatikan sekali di bawah kandangnya diberi obat anti semut agar semut tidak bisa naik ke kandang dan masuk ke dalam glodok.

0 comments:

Post a Comment