Thursday, July 20, 2017

Lovebird mengeram sering keluar glodok

Berikut ini saya akan menjelaskan penyebab lovebird mengeram sering keluar glodok. Jika lovebird yang sedang mengerami sering keluar dari glodok bias menyebabkan telurnya  ada  yang tidak menetas. Atau bahkan tidak menetas semuanya.
Lovebird mengeram sering keluar glodok
indukan yang sedang keluar dari glodok
Ada dua faktor yang menyebabkan indukan betina lovebird sering keluar dari glodok. Faktor tersebut berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor dari dalam adalah faktor kesehatan lovebird. Bias jadi indukan betinanya sedang sakit baik sakit pencernaan atau sakit yang lain. Kebanyakan lovebird yang sedang mengerami akan kurus karena jarang makan. Untuk itu walaupun sedang mengerami, di dalam kandang sediakan pakan biasa seperti milet putih dan kenari sed dengan perbandingan yang sama. Kenari sed ini memiliki protein yang lebih tinggi daripada milet putih sehingga sangat baik untuk menjaga tubuh indukan tetap sehat.

1. Kemudian faktor dari luar adalah lingkungan. Misalnya lingkungan yang terlalu ramai akan membuat indukan lovebird terganggu sehingga bisa sering keluar dari glodok. Sebaiknya kandang lovebird di tempatkan di tempat yang sepi seperti di belakang rumah atau dibuat tempat khusus kandang lovebird yang tidak sering dilalui oleh orang di rumah. Teman saya di memiliki kandang lovebird dari bekas kamar. Kemudian kamar tersebut ditutup terus sehingga tidak ada orang yang lalu lalang.

2. Faktor luar yang berpengaruh adalah kondisi lingkungan yang panas. Pada musim kemarau, banyak peternak lovebird yang sering mengalami indukan yang mengerami jarang ada yang menetas. Dari faktor luar seperti musim inilah sirkulasi udara harus tetap dijaga. Ada aliran udara yang mudah keluar maupun masuk sehingga udaranya tidak terlalu panas dan pengap. Kalau udaranya terlalu panas indukan betina akan sering keluar dan biasanya sering minum.
3. Faktor dari luar yang lainnya adalah banyak kutu di dalam glodok. Saran saya sebaiknya di dalam glodok yang sudah pernah digunakan untuk menetas telur sebelumnya harus diganti. Glodok yang sudah banyak sarang dari penetasan sebelumnya harus dibersihkan secara tuntas. Kemudian glodok dijemur agar kutunya pada hilang. Kebanyakan glodok yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang kutu sehingga indukan tidak nyaman. Kemudian kutu itu akan menyerang anakan yang sudah menetas dan bisa menghisap darahnya.
Demikianlah penjelasan penyebab lovebird mengeram sering keluar glodok dan akibat yang ditimbulkan. Untuk itu perhatikan saran saya di atas. Semoga bisa bermanfaat dan sukses selalu ternak lovebirdnya J

0 comments:

Post a Comment