Saturday, July 29, 2017

Perawatan lovebird pada masa bertelur

Abdullah Ahmad

Perawatan lovebird pada masa bertelur masih sangat mudah. Setelah kita melihat lovebird baru bertelur satu butir kita harus memperhatikan jenis pakannya. Lovebird akan bertelur dua hari sekali pada umumnya. Terkadang ada yang tiga hari sekali. Hal ini tergantung dari tipikal indukan lovebird yang Anda miliki.
Perawatan lovebird masa bertelur
Selama masa bertelur lovebird cenderung membutuhkan pakan yang kaya dengan protein dan kalsium. Untuk memenuhi proteinnya bisa diperoleh dari jagung muda sedangkan kalsium bisa diperoleh dari sotong atau batu bata merah yang diletakkan di dalam kandang.

Perawatan lovebird masa bertelur
1. Berikan jagung muda setiap dua hari sekali. Kalaupun di kandang tidak habis harus diambil karena jagung muda itu mudah basi. Dalam memberikan jagung muda cukup beberapa bagian atau potong. Sisanya bisa diberikan lagi di hari lain  yang bisa disimpan di dalam kulkas agar tetap awet.
2. Berikan kangkung segar setiap hari. Selain menaikkan birahi lovebird, kangkung juga bisa melancarkan sistem pencernaan lovebird dan dipercaya dapat memperbanyak telur lovebird.
3. untuk memenuhi kalsiumnya di dalam kandang di taruh batu bata merah. Biasanya lovebird akan mematuki atau memakan batu bata merah yang kita sediakan sebagai camilan. Karena pada umumnya semua jenis burung suka memakan kerikil untuk membantu melancarkan pencernaannya.
4. Sebagai tambahan bisa diletakkan sotong kering yang mengandung kalsium. Mungkin jarang ditemukan di daerah Anda. Biasanya sotong atau asinan ini diberikan pada burung perkutut agar mau berbunyi atau gacor.
Jadi kalau saya menerapkan hal-hal di atas. Selain jagung muda bisa diganti dengan kenari sed yang lebih banyak dari biasanya. Kalau saya menggunakan takaran dua banding satu untuk kenari sed dan milet putih selama indukan betina sedang bertelur.

0 comments:

Post a Comment