Thursday, August 24, 2017

Penyebab telur lovebird tidak menetas semua

Abdullah Ahmad

Bagi yang baru beternak lovebird dan mengalami telur yang dierami oleh indukan lovebird tidak menetas semua pasti kebingungan dan galau. Tapi bagi peternak yang sudah lama berkecimpung dalam dunia lovebird katanya wajar dan malah menjadi ilmu baru baginya. Indukan lovebird yang sudah dibeli mungkin agak mahal yang katanya sudah sepasang ternyata jenis kelaminnya sama semua seperti betina dengan betina atau jantan semua. Nah kalau sesama lovebird betina bisa bertelur lho tapi tidak bisa menetas semua hehehe.
Penyebab telur lovebird tidak menetas semua
Ada berbagai macam faktor yang menjadi penyeba telur lovebird yang sudah dierami ternyata tidak menetas semuanya. Kalau telurnya benar-benar tidak ada embrionya dan jumlah telurnya banyak bisa dipastikan kedua lovebird itu betina semua. Agar lebih mudah dibaca saya uraikan sebagai berikut :
1. Indukan lovebird kurang nutrisi
Indukan lovebird baik jantan ataupun betina yang kurang nutrisi menyebabkan telur yang dihasilkan itu tidak dibuahi atau fertil. Hal ini menjadikan telur lovebird tidak bis menetas. Misalya pakan yang sangat standar seperti milet putih saja ini bisa menjadi penyebabnya. Jadi kalau indukan yang sedang bertelur atau sudah terlihat kawin segera saja berikan pakan yang isitimewa. Saya cukup memberikan pakan seperti milet putih, kenari sed, jagung muda dua hari sekali, kangkung setiap dua hari sekali, dan tulang sotong. Bisa diberikan juga vitamin seperti Ebod Vit atau Vita Tamm.

2. Jenis kelamin indukan ternyata betina semua
Ciri-ciri sepasang lovebird berjenis sama betina semua adalah : telur yang dihasilkan banyak bisa berjumlah 6 butir ke atas. Bahkan teman saya pernah memiliki indukan betina semua bertelur sampai 10 butir hehe. Kalau telurnya sudah banyak seperti ini bisa dipastikan keduanya betina semua. Kemudian kalau dierami sudah ditunggu selama 21 hari ternyata tidak menetas itu juga bisa betina semua. Kalau sudah seperti itu keduanya dipisahkan dan dijodohkan dengan lovebird jantan saja.
3. Faktor cuaca yang panas
Kalau musim kemarau biasanya banyak peternak lovebird yang mengalami indukan lovebirdnya tidak berhasil menetaskan telurnya. Cuaca yang panas di dalam kandang membuat indukan yang sedang mengerami tidak betah atau tidak nyaman. Kalau sudah tidak nyaman, indukan akan sering keluar masuk glodok sehingga suhu telur terus berubah-ubah dan akhirnya embrio telur mati. Untuk mencegah hal ini, pastikan ruangan kandang ternak lovebird dalam hal sirkulasi udaranya harus baik.
4. Indukan tidak nyaman mengerami
Masih menyambung di point 3, kalau indukan tidak nyaman maka indukan betina akan sering keluar glodok. Hal ini bisa disebabkan karena faktor cuaca yang panas dan bisa juga banyak kutu di dalam sarangnya. Sarang yang jarang dibersikan atau sudah dipakai berkali-kali namun tetap tidak diambil maka akan banyak kutu di dalamnya. Saran saya kalau sudah dipakai satu kali untuk menetaskan anakan lovebird, sebaiknya sarang diganti total. Glodok dibersihkan kemudian dijemur agar kutunya hilang.

0 comments:

Post a Comment