Friday, September 8, 2017

Cara mengambil anakan lovebird dari glodok

Abdullah Yatmono

Cara mengambil anakan lovebird dari glodok sangatlah mudah. Kalau indukan lovebird yang kita miliki itu mudah sensitif/ agresif maka indukan betina akan mematuk tangan kita sampai berdarah. Mematuknya pada saat tangan kita masuk ke dalam kandang ataupun masuk ke dalam glodok. untuk mengatasi hal tersebut Anda harus memakai kaus tangan. Selain kaus tangan, sediakan ranting kayu supaya pada saat tangan kita masu ke dalam glodok, ranting kayu yang digigit dan bukan tangan kita lagi.
Cara mengambil anakan lovebird dari glodok
Tapi kalau indukannya tidak sensitifan maka tangan kita aman dari gigitan indukan lovebird. Anakan lovebird biasanya diambil pada umur 2 minggu. Pada umur itu anakan lovebird matanya sudah membuka dan paruhnya sudah kuat sehingga mudah untuk diloloh. Kalau yang masih pemula banget ngambil anakannya bisa diumur 3 minggu dan biasanya sudah keluar bulu dari bulu jarumnya.

Jadi dalam pengambilan anakan lovebird dari glodok tidak ada hal yang sulit. Kalau anakan sudah diambil segera di taruh di dalam inkubator. Piyikan lovebird yang umurnya di bawah satu bulan masih membutuhkan kehangatan dari glodok dan indukannya. Kalau belum punya inkubator Anda buat inkubatornya dari kardus dan di atasnya jarak 30 cm dinyalakan lampu 5 Watt. Jadilah inkubator sederhana.

Anakan diloloh setiap 4 jam sekali kalau kita mengambilnya pada umur dua minggu atau tiga minggu. Misalnya kita mulai jam 6 pagi, jam 10 pagi, jam 2 siang, jam 6 malam, dan jam 10 malam. Tengah malam kalau bangun bisa diloloh pada jam 2 atau jam 3 malam. Jangan lupa kandangnya dibersihkan. Glodok juga dibersihkan dan dijemur. 

0 comments:

Post a Comment