Tuesday, September 5, 2017

Cara merawat anakan lovebird umur 2 bulan

Abdullah Yatmono

Cara merawat anakan lovebird umur 2 bulan sangatlah mudah. Pada umur tersebut lovebird biasanya sudah bisa makan sendiri namun terkadang ada yang masih dibantu dengan sepet atau loloh tangan sehari sekali. Lovebird yang masih berumur 2 bulan biasa disebut dengan lovebird PAUD.
Pada umur ini burung lovebird membutuhkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan. Jadi di dalam kandang setiap hari atau dua hari sekali disediakan pakan jagung muda sampai umur 3,5 bulan kalau saya pribadi menerapkan demikian. Kemudian seminggu dua kali saya berikan kangkung sebagai selingan jagung muda. Sebelum kangkung diberikan pada anakan lovebird, harus dipotong-potong terlebih dahulu agar anakan mudah memakannya.
Cara merawat anakan lovebird umur 2 bulan

Di dalam wadah pakan saya biasa mencapurkan milet putih, kenari set, dan kwaci. Untuk perbandingan milet putih dan kenari set adalah 2 : 1. Artinya 2 takar milet putih dan 1 takar kenari set. Untuk kwacinya secukupnya saja. Biasanya yang paling dimakan banyak adalah biji kenari setnya.
Kalau kita membeli pakan racikan yang ada di toko burung ada campuran milet putih, kenari set, kwaci ukuran kecil, dan gabah. Jadi kita tinggal langsung berikan saja dan tidak perlu mencampur-campur pakan lagi.
Setiap dua hari sekali atau tergantung kesibukan kita, lovebird yang umur 2 bulan bisa mandikan basah tapi jangan sampai basah kuyup. Gunakan semprotan embun sampai basah saja tapi jangan sampai mengenai hidungnya. Hal ini dikarenakan lovebird yang baru umur 2 bulan lebih sensitif kalau hidungnya kemasukan air. Kemudian dijemur selama 1 jam dan diangin-anginkan. Biasanya penjemuran dilakukan pada jam 7-8 pagi. Pada jam tersebut sinar matahari masih sehat sekali jadi bagus untuk pertumbuhan bulu lovebird juga.

kalau perawatan untuk bakalan lomba, setelah dimandikan bisa diangin-anginkan dan dilakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan dihalaman rumah dengan memutar MP3 suara burung lovebird ngekek panjang, tengkek buto, suara kenari loper, dan suara burung jenis lainnya. Jadi dalam pemasteran tidak hanya suara burung lovebird saja.
Kalau saya pribadi orangnya tidak suka mencetak lovebird ngekek panjang karena tidak ada waktu untuk ngurusi lovebird hehe. Kalau mau mencetak harus benar-benar sering memandikan dan melakukan perawatan yang serius.
Kebersihan kandang harus diperhatikan lho. Saya seringnya membersihkan kandang lovebird setiap lima hari sekali dan paling malas seminggu sekali tiap hari minggu. Untuk minumannya setiap hari harus diganti dan kalau paling malas dua hari sekali. Tapi saya selalu mengusahakan tiap hari selalu diganti dan mencuci wadah minumnya juga. Air minum harus dari air matang atau dari air mineral seperti Aqua dan sejenisnya. Semoga burungnya selalu sehat.

Jadi inti dari cara merawat anakan lovebird umur 2 bulan itu simple seperti merawat lovebird dewasa. Anda juga bisa memberikan vitamin seperti Ebod Vit atau dari BnR agar burung tetap sehat. Pemberian vitamin bisa dilakukan 3 minggu sekali atau tergantung kebutuhan kalau lovebirdnya terlihat ngantuk atau lesu. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Post a Comment