Tuesday, September 5, 2017

Ciri-ciri lovebird paud (umur 2-4 bulan)

Abdullah Yatmono

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana caranya membedakan lovebird paud (umur 2-4 bulan dengan lovebird yang sudah dewasa (di atas 6 bulan). Mungkin bagi pemula yang menggemari lovebird belum tahu betul ciri-ciri lovebird paud.
Dalam dunia burung lovebird, orang menyebut lovebird “paud” itu artinya lovebird yang baru belajar makan atau masih kecil. Kalau diibaratkan dengan anak kecil berarti masih 2 sampai 4 tahun kan masih sekolah PAUD. Kalau pada lovebird umurnya 2 – 4 bulan. Memang kedengarannya unik dan julukan lovebird PAUD sudah menyebar ke seluruh Lovebird Mania di Nusantara.
Oke langsung saja simak ciri-ciri lovebird PAUD berdasarkan pengalaman saya pribadi berikut ini:
Ciri-ciri lovebird paud (umur 2-4 bulan)

1. Memiliki warna coretan hitam pada paruhnya.
Untuk lebih jelas tentang coretan hitam pada pangkal paruhnya Anda bisa lihat pada foto di atas. Ada coretan warna hitam ini terjadi pada lovebird paruh merah dan paruh putih. Pada foto tersebut ada anakan lovebird umur 3 bulan jenis hijau standar dan lovebird umur 2,5 bulan pada jenis lovebird violet perso. Jadi kalau masih ada warna hitam pada pangkal paruhnya sudah BISA DIPASTIKAN bahwa lovebird tersebut umurnya masih kecil (PAUD). Pada lovebird dewasa tidak ditemukan coretan hitam. Kalau pada jenis lovebird paruh merah warnanya sudah merah kuat dan mengkilat sedangkan pada paruh putih warnanya sudah putih memucat keputihan dan tidak ada warana hitam juga.

2. Lihat pada bulu ekor
Pada lovebird Paud memiliki ekor yang masih bisa tumbuh. Kalau kita lihat pada pangkal ekornya masih ada bulu yang terbungkus dan masih bisa tumbuh. Jadi kalau mau memastikan lovebird Paud bisa dilihat pada pangkal bulu ekornya. Hal ini berlaku bagi semua jenis lovebird Paud. Kalau pada lovebird dewasa pangkal bulu ekornya sudah meruncing atau sudah tidak terbungkus dengan kulit bulunya.
3. Khusus ada lovebird paruh putih
Pada lovebird paruh putih seperti jeni albino dan blue series terkadang tidak ditemukan coretan putih. Nah untuk menebak secara pasti apakah lovebird itu masih Paud ataukah tidak kita bisa melihat warna paruhnya yang warnanya masih putih kekuningan atau putih krem. Anda sudah bisa maksud dengan tulisan saya kan? Kalau pada lovebird paruh putih yang sudah dewasa warna paruhnya sudah keputihan pucat dan warna kremnya sedikit.

Oke demikianlah penjelasan dari ciri-ciri lovebird paud. Dengan memakai 3 kriteria di atas kita sudah bisa membedakannya. Memang ada ciri yang lain lagi seperti warna kukunya yang belum tajam. Misalnya warna kukunya masih keruh. Pada bagian bulu sayapnya lovebird yang masih paud juga seringnya belum serapi lovebird dewasa. Untuk lebih mudahnya silahkan gunakan tiga kriteria di atas saja. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Post a Comment