Friday, September 8, 2017

Umur lovebird sampai berapa tahun

Abdullah Yatmono

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan breeder, umur lovebird bisa mencapai 15 – 25 tahun. Hal ini juga bergantung pada perawatan lovebird tersebut dari pemiliknya. Rata-rata burung parot atau paruh bengkok memiliki umur yang panjang misalnya kakak tua yang umurnya bisa mencapai 30 tahun.
umur lovebird sampai berapa tahun
Pengalaman saya selama memelihara dan beternak burung lovebird ini sangat mudah untuk dipelihara dan ditangkarkan. Dari segi pakan pembiayaan burung ini sangat murah. Pakan utamanya hanya milet putih saja. Kemudian bisa ditambahkan dengan pakan lain seperti kenari sed dan kwaci. Untuk satu ekor burung lovebird dalam sebulan jika diberi campuran milet putih, kenari sed, dan kwaci menghabiskan 6000 saja. Wooooww sangat murah sekali kan. Kalau saya memelihara burung lain seperti kacer, cendet, murai batu untuk pembiayaan dalam membeli pakan cukup mahal dan menurut saya agak ribet. Pasalnya kita harus menyediakan pakan yang bagus seperti jangkrik dan kroto.

Memang ternak burung lainnya juga sangat menguntungkan dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Intinya ternak apa saja boleh asalkan dipelihara dengan baik, pakan jangan sampai telat, demikian juga air minumnya sering diganti. Saya sendiri kadang merasa kasihan kalau melihat burung lovebird atau burung lainnya jika minumannya sudah kotor dan berbau. Mungkin saja diganti seminggu sekali atau bahkan lebih. Kadang kala terlihat wadah minumnya sudah tercampur dengan kotoran burungnya. Aduh gak banget deh. Kasihan sekali burungnya. Hal ini bisa dikembalikan lagi ke diri kita masing-masing. Kalau kita dikasih minuman yang kotor dari air kecomberan yang sudah terkontaminasi dengan kotoran tentu kita tidak mau meminumnya. Demikian juga pada burung yang kita pelihara. Kalau airnya sudah kotor sebenarnya burung itu mau protes kalau bisa ngomong. Tapi karena tidak bisa ngomong akhirnya diam saja dan pasrah menunggu belas kasihan dari pemiliknya.

Pakan yang standar pada burung lovebird agar bisa hidup lama
1. Milet putih + kenari sed.
Utamanya dalam pemberian pakan jangan sampai telat. Milet putih wajib selalu diberikan. Milet putih biasa saya campurkan dengan kenari sed dan kwaci. Tapi seringnya dicampur dengan kenari sed saja. Untuk perawatan biasa dengan perbandingan milet putih dua takar dan satu takar kenari sed. Anda bisa membeli pakan yang sudah racikan. Biasanya sudah tersedia dalam botol bekas minuman. Untuk satu botol pakan racikan harganya Rp8000 – Rp10.000.
2. Selingan jagung muda atau kangkung
Untuk perawatan biasa jagung muda diberikan sekali dalam seminggu. Kemudian minggu berikutnya diganti dengan sayuran kangkung yang sudah dipotong-potong.
3. Air minum

Waktu saya masih pemula dalam memelihara lovebird, saran dari teman saya yang sudah Master lovebird menyarankan untuk mengganti airnya setiap hari pada pagi hari. Hal tersebut sampai sekarang saya jalankan dan alhamdulillah burungnya tetap sehat. Untuk air minumnya dari air matang seperti minuman kita atau air mineral (Aqua). 

0 comments:

Post a Comment