Friday, September 8, 2017

Usia berapa memisahkan anakan lovebird dengan indukannya?

Abdullah Yatmono

Agar indukan lovebird yang kita miliki lebih cepat produksi kita bisa memisahkan anakan lovebird dengan induknya pada usia dua minggu. Pada usia tersebut anakan atau piyikan lovebird sudah bisa membuka matanya dan sudah memiliki cukup kekebalan tubuh kalau kita melolohnya.
usia berapa memisahkan anakan lovebird dengan indukannya
Ketika kita meloloh anakan lovebird yang usianya baru dua minggu kita taruh di dalam kandang inkubator. Ada teman saya yang menjual inkubator lovebird harganya hanya Rp100.000 saja. Pasalnya anakan yang baru dua minggu itu masih memerlukan kehangatan di dalam glodok dan juga kehatangan dari induknya. Jika tidak ditaruh di dalam glodok, anakan lovebird akan mudah sakit karena suhu ruangan rumah kita mudah berubah.
Kalaupun tidak sempat membeli inkubator kita bisa membuat inkubator sendiri di rumah lho. Caranya dengan modal kardus bekas kemudian lampu bohlam ukuran 5 watt. Jadi anakan lovebird di taruh di dalam kardus. Alasnya diberi serutan kayu yang kecil kemudian pada jarak 30 cm ditaruh lampu 5 watt tadi. InsyaAllah suhu di dalam inkubator sederhana tersebut cenderung stabil dan bisa untuk menaruh lovebird sampai 45 hari. Kalau umurnya sudah 45 hari sudah tidak perlu ditaruh di kandang inkubator karena fisiknya sudah kuat. Tapi masih tetap di taruh di kandang biasa dan tempatnya di dalam ruangan. Jangan diletakkan di teras rumah karena terkena angin.

Saran Bagi Pemula
Saran pemisahan anakan lovebird dari induknya pada umur 2 minggu ini dilakukan agar indukan lebih cepat produksi. Pada umur 2 minggu ini menurut saya dan menurut master lovebird lain sudah cukup umur untuk diloloh oleh pemula karena sudah mudah diloloh. Tapi kalau Anda masih ragu dan takut anakan lovebirdnya mati, Anda bisa mengambilnya pada umur 3 minggu. Pada umur tersebut piyikan lovebird sudah cekup besar karena sudah mulai tumbuh bulu dari bulu jarumnya. Malahan pada umur 3 minggu gampang banget kalau kita loloh.
Teman saya yang bernama Om Hendro dari Tegal sudah bisa meloloh anakan lovebird mulai dari umur 0 hari atau 1 hari. Ia biasa menetaskan telur lovebird dengan inkubator sehingga indukan lovebird lebih cepat produksi. Kalau lebih cepat produksi maka uang yang mengalir kepada kita pun lebih cepat kan yah? Hehehe.
Setelah anakan diambil dari glodok, glodoknya dibersihkan kemudian dijemur agar kutu-kutu dalam glodok mati. Indukan lovebird juga dimandikan kemudian dijemur. Selama 4 hari setiap pagi harinya dijemur terus dan diberi pakan kangkung. Dengan penjemuran ini membuat lovebird lebih cepat birahi apalagi kalau ditambah dengan pakan kangkung, jagung muda, dan kwaci. Indukan akan kawin lagi, bertelur, menetaskan telur, dan kita meloloh anakan lovebird lagi dan menjualnya. Oke demikian sharing saya tentang kapan pengambilan anakan lovebird dari glodok untuk dipisahkan dengan induknya. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Post a Comment