Wednesday, January 10, 2018

Cara mengatasi lovebird betina tidak mau dikawini

Dalam hal menjodohkan burung lovebird tidaklah semudah kita bayangkan. Apalagi bagi peternak yang masih pemula, pasti harapannya menginginkan sekali menjodohkan bisa langsung jadi. Ada teman saya yang menjodohkan lovebird betina sampai tiga kali mencari pejantan yang seimbang dan mau mengawininya.
Ada betina yang terlalu agresif sehingga mengalahkan yang jantan. Saya sendiri memiliki sepasang lovebird yang sudah produksi dan memang penantannya yang kalah. Akan tetapi akur lagi dan kadang-kadang kalau lovebird betina sedang birahinya tinggi malah cenderung galak.
Sesuai dengan judul di atas bahwa lovebird betina tidak mau di kawini saya akan membahasnya menjadi dua hal yakni lovebird betina yang belum produksi (jodohan baru) dan lovebird betina yang sudah produk (berjodoh dan pernah produk)
Cara mengatasi lovebird betina tidak mau dikawini
kredit foto Om Azam Rock
1. Lovebird betina yang baru dijodohkan
Jika lovebird betina yang baru kita jodohkan itu tidak mau kawin dengan lovebird jantan dengan ciri-ciri sering lari ketika di dekati lovebird jantan, hal ini dimungkinkan kalau lovebird betina belum birahi atau birahinya masih kurang. Cara mengatasinya adalah dengan menaikkan birahi lovebird betinanya. Hal ini bisa dilakukan dengan terapi pemberian pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird seperti sayuran kangkung segar, kwaci, atau vitamin khusus untuk menaikkan birahi lovebird. Cara lain untuk menaikkan birahi lovebird bisa juga sering dimandikan dan dijemur agak lama. Penanganan ini dilakukan secara bersamaan dengan lovebird jantan yang masih satu kandang.
Nah kalau lovebird betina tidak mau dikawini dengan ciri-ciri menggigit lovebird jantan ketika didekati ini dimungkinkan lovebird betina malah yang over birahi. Untuk mengatasi hal ini kita harus menurunkan birahi lovebird dengan memberikan pakan yang standar saja seperti milet putih saja selama seminggu insyaAllah sudah cukup. Saya pernah memiliki lovebird betina yang demikian, jadi sudah jodoh malah seringnya lovebird jantan digigit bahkan dikejar-kejar tapi nantinya akur lagi seperti saling suap-suapan.

2. Lovebird betina yang sudah produksi dengan pasangannya
Kalau lovebird betina yang sudah jodohan dan produksi ini belum mau dikawini oleh lovebird jantan kemungkinan besar lovebird betina belum masuk birahi. Kalau hal ini terus berlangsung lama bisa jadi lovebirdnya bisa macet produksi. Padahal kita sudah menunggu kapan bisa bertelur lagi dan akhirnya menetaskan telurnya kemudian kita sepet anaknya hehe. Untuk mengatasi hal ini kita harus menaikkan birahi lovebird betina.

Saya biasanya memberikan terapi setelah mengentas anakan atau mengambil anakan lovebird di dalam glodok untuk di spet. Jadi indukan lovebird kita mandikan dan di jemur. Lakukan hal ini selama satu minggu kemudian dimasukkan lagi ke dalam kandang ternak semula untuk produksi kembali. Setelah itu saya memberikan pakan yang bisa menaikkan birahi lovebird seperti kangkung segar selama dua minggu, jagung seminggu sekali, dan berikan sedikit campuran kenari sed pada milet putih. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Post a Comment