Friday, January 19, 2018

Ciri lovebird betina dan jantan minta kawin

Cara mudah untuk mengenali ciri-ciri lovebird betina minta kawin adalah dilihat dari tingkah lakunya. Lovebird betina yang umurnya sudah 8 bulan biasanya sudah birahi dan siap untuk dijodohkan. Kalau umurnya sudah 10 bulan lovebird betina akan terlihat “ngleper” (dalam bahasa Jawa nya). Ada juga orang yang menyebut “ngleper” dengan kata “ngapal”. Nah cirinya terlihat lovebird betina sering mengembangkan sayapnya seperti pesawat terbang baik saat kita dekati dengan tangan ataupun tidak. Apalagi kalau di sebelah kandangnya ada lovebird jantan akan terlihat sekali mengepakan kedua sayapnya yang tandanya itu ingin dikawini.
lovebird betina sedang "ngeleper"/ngapal

Kalau sudah terlihat ciri-ciri di atas, kita sebagai pemilik lovebird harus segera menjodohkannya. Untuk menjodohkan burung lovebird betina yang sudah birahi itu menurut saya mudah sekali. Kalau lovebird jantan juga sudah birahi maka proses penjodohan bisa dilakukan sehari sampai dua hari sudah berhasil dan bahkan hari ketiga atau keempatnya sudah kawin. Tapi kalau kedua burungnya sudah sama-sama birahi.
lovebird jantan gesek tangkringan (gestang)
Untuk lebih mudah mengenali ciri-ciri lovebird jantan dan betina ingin kawin saya sampaikan berikut ini:
Ciri lovebird betina ingin kawin:
1. Kedua sayap lovebird betina dikembangkan. Dalam bahasa Jawa-nya NGELEPER  atau ngapal. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada foto di atas.
2. Kalau kandangnya di dekati dengan kandang lovebird jantan akan terlihat mendekat dan ngeleper.
3. Pada saat kita dekati dengan tangan juga terkadang akan terlihat ngeleper.

Ciri lovebird jantan ingin kawin:
1. Kalau yang sudah over birahi akan terlihat gesek tangkringan (gestang) yang artinya mengawini tangkringannya. Bisa dilihat pada foto di atas.
2. Kalau sebelah kandangnya di dekati kandang lovebird betina maka akan berusaha mendekati lovebird betina dengan bertengger di samping kandangnya.

Tapi untuk lovebird jantan jangan sampai gestang, bisa jadi kalau dijual harganya jatuh (murah). Kalau sudah gestang ada yang susah kembali normal walau sudah dijodohkan. Oya lovebird yang sudah parah gestang sebenarnya tetap bisa produksi. Banyak orang yang menganggap kalau lovebird jantan yang sudah gestang katanya tidak mau kawin dengan lovebird betina. Anggapan tersebut adalah salah. Oke demikian saja informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi lovebird mania di Indonesia J

0 comments:

Post a Comment