Thursday, January 11, 2018

Kenapa lovebird tidak mau masuk glodok?

Kali ini saya akan membahas lovebird yang baru dijodohkan dan yang sudah produksi. Setelah lovebird yang baru kita jodohkan langsung dimasukkan ke dalam kandang ternak. Di dalam kandang ternak ditaruh glodok sebagai tempat sarangnya nanti untuk produksi. Dari pengalaman selama beternak, kadang ada lovebird yang baru dijodohkan selama seminggu kemudian dimasukkan ke dalam kandang ternak sudah mau masuk glodok. Akan tetapi ada juga yang sudah dijodohkan seminggu dimasukkan ke dalam kandang ternak belum juga mau masuk ke dalam glodok.
Nah saya akan membahasnya mengenai penyebab lovebird tidak mau masuk ke dalam glodok. Oya ada juga lovebird yang sudah indukan (sudah produksi) ketika anaknya diambil untuk diloloh kita ternyata esok harinya tidak mau masuk glodok lagi.
Kenapa lovebird tidak mau masuk glodok
1. Lovebird tidak mau masuk glodok pada kasus jodohan baru
Kalau lagi dibilang hoki lovebird yang baru dijodohkan beberapa hari saja (3 hari) sudah masuk ke dalam glodok. Kalau malam hari pun sepasang lovebird itu masuk ke dalam glodok. Kalau sudah terlihat seperti ini sudah dipastikan 100% kita berhasil menjodohkan lovebird. Tapi kalau belum masuk glodok juga kadang bikin kepala pusing. Sudah ditunggu-tunggu tidak mau masuk glodok juga. Oke kita tunggu kalau terlihat saling meloloh dan belum masuk bareng ke dalam glodok kemungkinan sudah jodoh tapi belum secara 100 persen. Kita bisa memberikan pakan kangkung dan jagung muda untuk menambahkan birahi sepasang lovebird yang baru dijodohkan. Ditambah dengan kwaci sebagai campuran milet putih juga bagus. Jadi langkahnya supaya bisa jodoh 100% diberi pakan potongan kangkung setiap hari selama dua minggu. insyaAllah ada perubahan.
Oya tipikal lovebird memang tidak langsung masuk ke glodok secara bersamaan. Biasanya sepasang lovebird akan mengintai glodoknya. Atau dalam bahasa kita adaptasi untuk mengetahui keadaan glodoknya. Nah kalau terasa aman di dalam glodok, maka sepasang lovebird baru mau masuk ke dalam glodok.

2. Lovebird tidak mau masuk glodok pada kasus lovebird produksi
Saya pernah mengalami hal ini ketika saya membeli indukan lovebird yang baru saja diambil anaknya. Kemudian induknya saya beli dan di tempatkan pada kandang ternak yang baru. Glodoknya pun baru karena glodok lamanya tidak saya bawa. Eh ternyata selama di rumah saya indukan itu tidak mau masuk ke dalam glodok yang baru. Saya coba sampai tiga hari belum mau masuk juga. Berawal dari hal inilah saya tahu ilmunya.

Jadi lovebird yang sudah produk sekalipun ada yang sensitifan. Mungkin bisa dibilang stres indukannya karena harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan merasa baru saja kehilangan anaknya yang diambil oleh kita hehe. Lovebird yang baru beradaptasi dengan kandang ternak baru dan glodok yang baru memang tidak serta merta hari itu juga mau masuk ke dalam glodok. Kemudian kalau lingkungan sekitarnya terlihat ada tikus yang berkeliaran juga bisa menjadi faktor sepasang lovebird tidak mau masuk ke glodok.
Setelah ditunggu beberapa hari akhirnya sepasang indukan lovebird yang saya beli mau masuk ke dalam glodok secara bersamaan. HOOORREEEEEEE J

Kalau masalah di atas ditinjau dari faktor luar glodok dan dari faktor adaptasi lovebird. Namun ada juga yang mempengaruhi sepasang lovebird tidak mau masuk ke dalam glodok karena glodoknya tidak nyaman. Pernah kandang ternak saya glodoknya disarangi semut. Akhirnya indukan tidak mau masuk. Cara mengatasinya kandang saya bersihkan dan bekas  atau sisa sarang lovebird di glodok saya bersihkan semuanya dan glodok saya jemur sampai tidak ada semutnya. Kemudian glodok dimasukkan lagi akhirnya indukan mau masuk lagi dan membuat sarang yang baru. Jadi perlu dicermati sekali agar glodoknya bebas dari semut atau bekas sarang yang sudah menumpuk.

0 comments:

Post a Comment