Friday, January 26, 2018

Tanda lovebird sembuh dari snot 100 persen

Tanda lovebird sembuh dari snot - penyakit snot merupakan musuh dari para peternak lovebird. Lovebird yang terkena penyakit snot ini banyak yang tidak tertolong. Artinya peluang untuk sembuh dari snot terbilang sedikit karena kebanyakan tidak ditangani secara dini. Kita sebagai peternak terkadang lalai tidak mengamati lovebirdnya satu persatu. Malah ketahuan sudah terkena snot ketika sudah agak parah karena lovebirdnya terlihat diam dan agak kurusan.
menyembuhkan snot pada lovebird dengan merek RDF
Jadi penyakit snot ini menyerang mata lovebird dengan ciri-ciri matanya berair. Kalau sudah parah maka matanya berair dan membengkak di sekitar kelopak matanya. Nafsu makan lovebird akan berkurang dan akhirnya kurus (nyilet). Kemudian menggesek-gesekan matanya ke tangkringan.
Kalau di kepalanya digesekkan di tangringan maka bekas gesekan tangkringannya mengandung bakteri dan bisa menular ke lovebird lainnya. Oleh karena itu lovebird yang terkena snot ini harus segera di karantina dan dijauhkan kandangnya dari tempat ternak lovebird.
Kalau snotnya masih ringan dengan tanda matanya berair tapi matanya belum bengkak maka bisa disembuhkan. Anda bisa memakai obat untuk mengobati snot seperti BBY (BYE-BYE SNOT), RDF, dan produk obat snot dari Ebod (namanya BIO-SNOT kalau tidak salah). Ada teman juga yang menyarankan menggunakan air sirih untuk diteteskan pada mata lovebird. Tapi alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah memiliki lovebird yang terkena snot. Semoga jangan sampai lah.

Tanda lovebird sembuh dari snot
Setelah diobati selama satu minggu insyaAllah lovebird sudah sembuh dari snot. Ciri-ciri lovebird yang sembuh dari snot adalah sebagai berikut:
1. Matanya tidak berair lagi
2. Nafsu makan sudah meningkat
3. Tidak terlihat garuk-garuk kepala
4. Tidak menggesekkan kepalanya di tangkringan
Selama perawatan lovebird yang terkena snot ini sebaiknya tidak dijemur, tapi boleh di tempatkan di halaman rumah dan tidak langsung terkena sinar matahari. Tidak boleh dimandikan juga karena ibarat manusia itu sedang demam hehehe.

Kalau di Kota Tegal ada dua orang teman saya yang bernama Om Lee dan Om Fidhi Anto (Ketua KLI Korwil Tegal) yang membuka jasa perawatan lovebird yang terkena snot. Banyak testimoni yang lovebirdnya sembuh setelah ditangani oleh mereka berdua.

0 comments:

Post a Comment