Wednesday, April 4, 2018

Panduan Lengkap cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan berhasil menetas


Bagi yang masih pemula dalam beternak lovebird, pasti rasanya ingin sukses seperti temannya yang sudah berhasil dalam berternak lovebird. Namun kadang kala kita tidak tanya bagaimana prosesnya untuk menuju berhasil dalam ternak lovebirdnya. Teman beternak lovebird kita ikut saja karena ingin kecipratan suksesnya tapi tidak melihat apa yang sudah terjadi atau mengengok pengalamannya dalam beternak lovebird. Pasti ada pasang surutnya ataupun jatuh bangun dalam beternak lovebird.
Berikut ini saya akan menyampaikan bagaimana cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan berhasil menetas berdasarkan pengalaman.
cara ternak lovebird agar cepat bertelur
sepasang lovebird biola
1. Pemilihan Indukan
Bagi pemula seperti saya dulu lebih baik membeli indukan yang sudah pasti. Nah cara membeli jaminan indukan adalah membeli indukan beserta dengan cindil atau anaknya. Memang harganya  itu lebih mahal dan hampir dua kali lipat tapi itu sudah jamin indukann. Banyak sekali orang yang sudah tertipu dalam jual beli lovebird. Katanya indukan ternyata lovebirdnya baru jodohan dan belum produksi. Jadi saran saya sebaiknya membeli indukan yang maksimal sudah 4 kali produksi. Syukur-syukur bisa menemukan indukan yang dijual baru pertama kali atau dua kali produk beserta anaknya yang sedang diloloh.
Saya beri contoh pembelian indukan warna hijau standar dengan anaknya dua ekor atau tiga ekor yang sedang diloloh harganya sekitar 1 juta sampai 1,2 juta. Memang kalau kita lihat untuk membeli sepasang warna lovebird hijau standar dibilang mahal, akan tetapi hal ini sudah jaminan indukan. Kita yang sudah lama memelihara lovebird masih sering salah tebak atau salah prediksi apakah lovebird itu sepasang ataukah jantan semua ataukah betina semua. karena lovebird yang jenis kelaminnya saja kadang jodoh, misalnya betina dengan betina bisa bertelur namun telurnya tidak bisa menetas.

Umur pemilihan indukan untuk dijodohkan secara koloni
Bagi yang tidak membeli indukan jaminan produk saran saya untuk membeli lovebird yang umurnya minimal 9 bulan kemudian dijodohkan secara koloni. insyaAllah lovebird sudah siap produksi pada umur 9 atau 10 bulan. Dengan pemberian pakan yang bagus produksi lovebird akan lancar. Para suhu lovebird menyarankan lovebird yang dijodohkan umurnya 11 atau 12 tahun karena pada umur itu alat reproduksinya sudah benar-benar matang. Namun saat ini banyak yang mulai menjodohkan lovebird pada umur 9 bulanan.
Kalau proses penjodohan secara koloni ini terbilang sangat mudah. Lovebird bisa mencari pasangannya masing-masing. Tandanya kalau jodohh, pada malam harinya lovebird akan tidur dalam satu glodok dan bisa dipastikan jenis kelamin jantan dan betina. Ketika malam hari kita mengambil glodok tersebut yang sudah ada sepasang lovebird kemudian diletakkan di dalam kandang ternak kotak atau kandang beterai. Jadi intinya pemilihan indukan lovebird sebaiknya yang usianya sudah dewasa mulai umur 9 bulanan.
ukuran kandang ternak lovebird yang baik
2. Cara pemilihan kandang lovebird yang baik
Saya pribadi lebih suka memilih kandang baterai daripada kandang koloni. Alasan saya adalah dengan memilih kandang baterai kita tidak perlu memerluhan lahan yang luas. Waktu dulu saya malahan menjadikan garasi motor sebagai tempat ternak kandang baterai. Kalau kandang baterai mudah kita pindah kemana-mana dan bisa disusun bertingkat. Kalau teman-teman saya lebih suka memakai kandang baterai juga yang ditempatkan di samping rumah dan dibelakang rumah. Alasan memilih kandang baterai juga lebih mudah dalam mengontrol kesehatan burung dan mengontrol dari segi pakan dan perhatian bisa fokus satu persatu pada lovebird.
Kalau memiliki rumah yang luas Anda bisa memakai kandang koloni. Keuntungannya kita bisa menghemat waktu dalam pemberian pakan dan burung tidak mudah stres karena bisa terbang kesana kemari. Namun kekurangannya jika ada lovebird yang sakit akan mudah menular ke yang lainnya. Untuk antisipasi kalau ada yang sakit di kandang kolini harus segera dipindah untuk di karantina.
Berapa ukuran kandang ternak lovebird tipe baterai yang standar? Kalau saya lebih suka memakai kandang baterai yang sedang. Ukurannya adalah 60 cm x 40 cm x 40 cm. Ada berbagai macam merek seperti merek Sweety, Boom, Best One, dan BnR. Dari segi harga relatif sama. Kalau sekarang di tahun 2018 harganya sudah naik sekitar 160.000 sampai 180.000. kalau dulu di tahun 2016 harganya masih 125.000.
Untuk ukuran kandang koloni 2 m x 1 m x 1 m bisa menampung 10 pasang lovebird. Kalau dilihat dari segi biaya memang kandang kolon lebih murah dibandingkan kandang baterai. Jadi kalau untuk 10 pasang indukan lovebird untuk membuat kandang koloni dengan biaya 1 juta sudah dapat hasil yang sangat bagus. Tapi kalau dengan membeli 10 kandang baterai biayanya sudah 1,6 juta. Coba mau pilih yang mana? Semuanya sudah ada keuntungan dan kerugiannya dalam perbedaan kandang koloni dan kandang ternak.

3. Pemilihan Pakan
pakan harian lovebird yang baik
Untuk pemilihan pakan saya belum pernah membeli vitamin. Kunci saya selama beternak lovebird adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas dan selalu baru. Setiap pagi hari saya ganti minuman yang ada di kandang ternak. Untuk pakan juga saya selalu cek dua hari sekali dan kalau ada bekas kupasan milet saya buang. Kemudian kangkung yang telah diberikan dan ada sisa selama dua hari langsung saya buang. Kemudian jagung juga kalau sudah dua hari juga saya buang. Bisa dibilang kunci selama saya beternak lovebird adalah pemberian pakan yang selalu SEGAR.
Pakan apa saya yang saya gunakan? Milet putih, kenari seed, jagung, kwaci, jagung muda, tauge, dan sawi.
Pakan standar yang biasa saya berikan adalah milet putih dan kenari seed dengan ukuran takar 2 : 1 dicampur dengan sedikit kwaci. Seminggu sekali diberikan jagung muda, kangkung, tauge, sawi yang diberikan secara bergantian hari. Untuk jagung muda dan kangkung bisa bertahan dua hari.

a. Pakan lovebird agar mau kawin
nah agar lovebirdnya mau kawin, kita harus menaikkan birahinya terlebih dahulu. Untuk indukan bisa diberi pakan kangkung setiap hari. Campuran kenari seed dan milet putih diberi kwaci. Kangkung diselingi dengan tauge atau kecambah hijau. Sayuran kangkung sangat efektif dalam meningkatkan birahi lovebird sehingga bisa kawin dan bertelur.
pakan lovebird meloloh anaknya
b. Pakan lovebird selama bertelur
ketika masa bertelur lovebird membutuhkan nutrisi yang tinggi dari biasanya. Kalsium juga diperlukan agar kualitas cangkang telurnya bagus. Nah selama masa bertelur saya menyediakan pakan milet putih dan kenari seed dua banding satu takar. Kemudian pakan kangkung setiap hari dengan porsi secukupnya saja untuk hari itu. Setiap dua hari sekali kangkung. Setelah mengerami, pemberian kangkung dihentikan. Kemudian jagung muda juga setiap dua hari sekali diganti. Karena kalau lebih dari dua hari jagung muda sudah bau dan takutnya bisa menyebabkan lovebird sakit.
Oya di dalam kandang saya sediakan tulang sotong. Manfaat tulang sotong ini juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga bagus bagi lovebird yang bertelur agar cangkangnya juga bagus. Kalau tidak ada tulang sotong saya sediakan bata merah di dalam kandang. Atau disediakan dua-duanya yakni tulang sotong dan bata merah di dalam kandang. Lovebird akan suka menggigiti bata merah. Bata merah juga dipercaya oleh para peternak lovebird mengandung kalsium.
c. Pakan lovebird selama mengerami
ketika mengerami ada tingkah laku yang unik dari lovebird jantan. Lovebird jantan akan sering bertengger di atas glodok maupun bertengger di depan glodok atau sekitarnya. Nah kenapa bisa seperti itu? Seperti halnya di alam bebas, lovebird jantan akan menjaga keamanan dari lovebird betina yang sedang mengerami. Kemudian lovebird jantan juga sering menyuapi lovebird jantan sehingga lovebird betina fokus mengerami telurnya. Kalaupun lovebird betina keluar paling hanya sebentar karena suhu pengeraman harus dijaga agar tetap hangat. Ketika keluar, biasanya lovebird betina membuang kotoran kemudian makan sedikit saja.
Untuk pakan yang saya sediakan di kandang ternak hanya milet putih dan kenari seed takaran 2 : 1 dan jagung muda seminggu sekali selama dua hari saja.

d. Pakan lovebird selama meloloh anakan
cara meloloh anakan lovebird
Selama meloloh piyikan atau anakan, lovebird banyak menghabiskan banyak makanan. Porsi makanannya nambah. Selama lovebird meloloh anaknya, kita harus menyediakan pakan yang segar. Air minum di kandang setiap hari harus diganti agar terjaga kebersihannya. Pakan milet putih dan kenari seed perbandingannya naik jadi 1 : 2. Karena kenari seed ini mengandung banyak protein. Jagung muda juga harus setiap hari. Atau sepotong jagung muda bisa dipakai dua hari. Apabila habis harus diganti dengan yang baru. Setelah umur satu minggu, kita tambahkan pakan potongan kangkung setiap tiga hari sekali tujuan pemberian kangkung ini agar pencernaan piyikan lovebird tetap sehat.
Sebagai tambahan, ada teman saya yang memberikan pakan berupa foor ayam. Foor yama yang digunakana adalah untuk ayam pedaging umur dari nol hari. Tapi selama ini saya belum pernah menggunakannya. Banyak juga kok yang pakai pakan ayam dengan tujuan piyikan lebih sehat dan gemuk. Saya sarankan selama pemakaian ini diberikan saat umur piyikan sudah satu minggu.

4. Panen anakan
cara panen anakan lovebird
panen piyikan lovebird
Umur ideal yang biasa para peternak panen anakan lovebird adalah umur 2 minggu atau 14 hari. Pada umur tersebut anakan sudah siap kita loloh dan mata lovebird pun sudah bisa membukan. Saya dulu mendapatkan saran dari peternak lovebird yang sudah sukses kalau bagi pemula mulai meloloh anakan bisa dimulai umur 2 minggu atau umur 3 minggu.
Kalau yang sudah biasa atau lama dalam beternak lovebird mereka meloloh pada umur tiga hari bahkan dari hari pertama menetas. Teman-teman saya sudah biasa meloloh anakan loveird dari mulai menetas karena mereka menetaskan telurnya dengan inkubator. Tujuan cepat-cepat di loloh oleh kita (hand feeding) adalah agar indukan lovebird cepat bertelur kembali.

5. Perawatan Kandang
ukuran kandang koloni lovebird
lovebird di dalam kandang koloni
Sebagai perawatan kandang, saya setiap seminggu sekali harus membersihkan kandang. Anda bisa membuat jadwal kapan Ada sempat memberishkan kandangnya. Kalau saya pribadi setiap hari jumat pagi atau jumat sore selalu membersihkan kandang. Bagian yang mudah kotor adalah terampah kandang. Kalau tidak dibersihkan lebih dari satu minggu biasanya sudah banyak belatung di kotorannya. Kalau sudah seperti itu penyakit bisa datang menyerang lovebird.
Selain menjaga kebersihan kandang, kita harus teliti juga supaya kandang lovebird terjaga dari gangguan hewan lain seperti tikus, kucing, dan semut. Pengalaman saya, anakan lovebird saya mati digerumuti semut. Nah bagi Anda yang belum pernah merasakan pengalaman tersebut sebaiknya harus dijaga. Di daerah sekitar kandang atau bagian bawahnya di olesi dengan obat anti semut. Anda bisa memakai kapur ajaib. Dibagian bawah tiang kandang bisa diberi oli pada masing-masing tiangnya untuk mencegah semut bisa masuk ke dalam kandang.

6. Perhatikan Sirkulasi Udara di Sekitar Kandang
cara perawatan kandang lovebird
Jika udara di sekitar kandang lovebird cenderung panas, bisa jadi telur yang dierami oleh lovebird tidak berhasil di tetaskan. Ciri-ciri kalau telur yang tidak berhasil ditetaskan karena cuaca yang panas dan lingkungan kandang yang panas adalah telur yang gagal dierami kalau dibuka cangkangnya terlihat kering. Jadi sangat perlu diperhatikan sekali bagi yang masih pemula agar penempatan kandang ternak lovebird di tempat yang udaranya bagus. Dalam arti sirkulasi udaranya lancar. Kalau ruangannya terlalu tertutup pasti udaranya panas dan bisa menyebabkan gagal menetas telurnya. Kalau di kandang koloni bagian atap kandang sebaiknya jangan menggunakan asbes. Sudah kita ketahui kalau siang hari atap yang menggunakan asbes atau seng sangatlah panas. Sebaiknya menggunakan atap dari genteng tanah liat.
Demikianlah ulasan mengenai cara ternak lovebird supaya berhasil dan bisa panen. Semoga bisa bermanfaat bagi lovebird mania. Salam sukses...

0 comments:

Post a Comment